7 Tips Digital Marketing untuk Optimasi Pengelolaan Bisnis Anda
Meskipun setiap orang menyadari bahwa digital marketing terutama untuk menjangkau audiens dan mengkonversinya menjadi konsumen, tetapi tidak setiap orang mampu mengoptimalkannya. Bahkan terkadang cenderung menghabiskan uang saja, berikut tipsnya.
1. Memahami Kebutuhan Audiens
Fokus paling tepat adalah memahami kebutuhan audiens, ketika bisa memahami kebutuhan audiensnya, maka bisa mendapatkan atensi dari audiensnya. Atensi tersebut akan mendorong munculnya desire dan mengarahkan mereka agar menjadi pelanggan.
2. Membuat Iklan yang Menarik
Iklan yang ditampilkan juga harus menarik, mulai dari menggugah interest audiens atau memberikan solusi. Biasanya iklan menghibur dan menggugah emosi lebih berdampak positif untuk meningkatkan penjualan produk – produknya.
3. Fokus Pada Konten Berkualitas
Iklan memang akan mempercepat pertumbuhan penjualan, tetapi harus dibarengi dengan konten berkualitas. Apabila iklannya menceritakan sedikit informasi tentang produknya maka konten pendukungnya harus bisa menjelaskan produknya secara detail.
4. Memiliki Tim yang Kompeten
Tips digital marketing berikutnya adalah harus memiliki tim konten dan ads yang kompeten dibidangnya. Pemasaran meskipun sudah menggunakan teknologi digital, tetapi seluruh prosesnya harus dijalankan secara manual oleh tim berkompetensi tinggi.
5. Memilih Platform yang Tepat
Pemasaran idealnya juga harus dibarengi platform yang tepat, contohnya apabila membidik anak – anak muda, instagram pilihan terbaiknya, apabila membidik orang tua, facebook pilihannya. Apabila membidik akademisi dan perusahaan, linked in adalah solusinya.
6. Melakukan Evaluasi Pada Setiap Strategi Pemasarannya
Strategi bisa saja berjalan optimal atau bisa tidak berjalan secara optimal, salah satu langkah mengatasinya adalah dengan melakukan evaluasi. Melalui evaluasi, bisa tahu sebab – sebab keberhasilan atau sebab – sebab kegagalan strateginya.
Hal yang Harus Dihindari Ketika Mengembangkan Tips Digital Marketing
Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para marketing, kesalahan ini tergolong berulang sehingga efektivitasnya menurun. Bahkan tidak akan menghasilkan apa – apa bagi bisnis, karena uangnya habis pada iklan dan biaya pemasarannya saja. Kesalahan pertama adalah kurangnya memahami target audience. Kekurangan pemahaman ini berdampak pada strategi tidak jelas serta kurang mampu mengarahkan produknya secara tepat. Terlebih dalam membangun emosi dan empati dari audiensnya. Kesalahan kedua adalah mengabaikan desain, biasanya terjadi pada bisnis – bisnis awal. Kecenderungan pemilik bisnisnya adalah mendapatkan keuntungan besar atau pemasukan terlebih dahulu, tetapi tanpa memperhatikan visual. Padahal visual adalah filter pertama bagi konsumen.
Kesalahan ketiga yaitu menggunakan fitur ads tanpa tahu bagaimana mengoptimalkannya. Memang ads akan membuat produk Anda bisa diketahui serta dikenal oleh banyak orang, tetapi harus mengeluarkan biaya tidak sedikit setiap harinya. Optimasi ads bisa meliputi pemilihan target audiens, target wilayah, penggunaan copywriting, pengkondisian konsumen, dan penentuan anggarannya. Tanpa menghitung keseluruhan faktor tersebut, hanya akan membuang – buang uang tanpa mendapatkan konversi yang baik. Kesalahan terakhir ketika menerapkan tips digital marketing adalah kurang memahami keterhubungan tahapan hingga akhirnya mampu menghasilkan penjualan tinggi. Misalnya tidak memahami kenapa harus riset audiens, memilih platform yang tepat, dan sebagainya.
Tools Digital Marketing Terbaik yang Harus Anda Coba
Ada banyak sekali tools digital marketing untuk mengoptimalkan perkembangan bisnis Anda. Tools tersebut setidaknya harus Anda gunakan agar iklannya lebih mampu mengonversi audiens menjadi konsumen, tools tersebut adalah :
1. SEO Tools
SEO tools berfungsi sebagai optimasi konten agar lebih mudah muncul di mesin pencari, ini bisa menjadi salah satu langkah terbaik pemasaran secara organik. Ada banyak sekali tools SEO yang berkembang, Anda bisa mencoba salah satunya.
2. Insight
Tips digital marketing adalah memahami performa strategi untuk evaluasi, agar bisa tahu performanya Anda memerlukan tools berupa insight. Biasanya setiap sosial media sudah memiliki fiturnya, sehingga tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.
3. Ads Management
Satu bisnis bisa jadi memiliki beberapa jenis iklan, ini harus ter-manage semuanya, mulai dari melihat performanya serta memutuskan hendak mencabut iklan mana. Ini semua efektif dilakukan bila memiliki tools ads management, seperti Facebook Business Manager.
4. Content Planner
Kunci penting dalam digital marketing adalah memiliki konten setiap harinya atau posting rutin. Agar tidak lupa, harus memiliki konten planner. Gambaran singkatnya adalah alat untuk membantu Anda melakukan listing konten hingga proses pengerjaan kontennya.
Pemasaran tidak lagi mengandalkan cara – cara konvensional, karena dianggap kurang efektif lagi dalam menjangkau audiens. Banyak pebisnis mulai mengubah strategi pemasarannya dan memanfaatkan teknologi informasi. Tips digital marketing juga banyak dicari. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!