Hari ini sepertinya hampir semua orang sudah mengenal TikTok, tak ada habisnya aplikasi ini dibicarakan oleh masyarakat dalam beberapa waktu belakangan. Keinginan banyak orang agar tetap update dengan tren terkini membuat TikTok cepat naik daun.
Tiktok merupakan platform yang sedang digemari oleh berbagai kalangan saat ini sebagai sosial media untuk berbagi video. Popularitasnya bahkan mengalahkan sosial media pada umumnya, Tiktok juga menambah daftar media sosial yang perlu dijelajahi sebagai media marketing untuk bisnis.
Terlebih bisnis yang menyasar kalangan muda, pasalnya sebagian besar pengguna Tiktok didominasi oleh generasi muda. Maka dari itu marketing Tiktok wajib untuk dipelajari terlebih bagi kamu yang ingin meningkatkan penjualan. Apalagi seiring dengan popularitasnya Tiktok terus berinovasi, salah satunya dengan dihadirkannya Tiktok Ads. Fitur TikTok ini membantu bisnis melakukan kampanye marketing yang cukup diminati. Lantas bagaimana cara melakukan promosi melalui Tiktok ? Berikut kami telah merangkum 10 strategi marketing Tiktok untuk tingkatkan penjualan!
8 strategi marketing tiktok untuk tingkatkan penjualan!
Berikut ini strategi marketing TikTok yang perlu kamu
lakukan supaya bisnis makin laris manis.
1. Cari Ide Konten Menarik Untuk Tiktok
Strategi marketing Tiktok untuk tingkatkan penjualan yang
pertama adalah mencari ide konten menarik. Membuat konten menarik sebenarnya
tidak jauh berbeda dengan konten di blog atau website. Kamu bisa mengetahui
keyword populer yang banyak dicari melalui tools Ahrefs atau Ubersuggest.
Kemudian jadikan kata kunci tersebut untuk konten kamu.
Selain itu, kamu juga bisa bertanya ke audiens atau
melakukan polling terkait topik pilihan yang disukai. Biasanya seputar product
launching, tutorial, dan hashtag challenge.
2. Menggunakan Hashtag yang Sesuai
Beberapa brand atau pengusaha online telah melakukan
strategi marketing melalui TikTok karena dapat menghasilkan keuntungan yang
sangat banyak. Jangkauan pengguna TikTok pun sangat luas, mulai dari anak-anak,
remaja, manula hingga paruh baya, semuanya tertarik menonton TikTok sebagai
hiburan yang menyenangkan.
Oleh karena itu, TikTok merupakan media sosial yang memiliki
potensi besar sebagai media kampanye online. Sekarang hanya tinggal bagaimana
kamu dapat menjangkau para pengguna TikTok dengan strategi marketing yang
tepat.
Salah satu strategi marketing yang patut dicoba di TikTok
adalah menggunakan hashtag. Hashtag adalah tag untuk topik tertentu agar lebih
mudah ditemukan, biasanya dengan menambahkan hashtag (#). Artinya, jika kamu
mencari topik, nama, acara, atau bahkan produk dengan tagar tertentu, kamu akan
menemukannya dengan mudah.
Twitter yang pada awalnya mempopulerkan penggunakan hashtag.
Namun seiring berjalannya waktu, hashtag juga digunakan di berbagai media
sosial termasuk TikTok. Dengan menggunakan hashtag tertentu dalam caption, kamu
membantu konsumen menemukan produk, layanan, atau brand bisnis kamu.
Konten video TikTok
juga sangat bergantung pada hashtag. Saat kamu memilih menu discover, video
yang ditampilkan diurutkan berdasarkan hashtag dan popularitas. Kemudian, agar
video yang kamu buat bisa dilihat, pilihlah hashtag yang lebih spesifik yang
bisa menjadi ciri khas TikTok mu.
3. Mengikuti Tren dan Membuat Konten Menarik
strategi marketing Tiktok untuk tingkatkan penjualan yang
ketiga yaitu mengikuti tren dan membuat konten menarik. Strategi marketing
TikTok didasarkan pada video yang berisi berbagai tren dan banyak hal menarik.
Untuk memenuhi keinginan banyak orang akan sebuah video yang menghibur, kamu
perlu memikirkan dan merencanakan konten menarik apa yang akan ditampilkan
dalam video TikTok kamu.
Tapi perlu diketahui bahwa tren TikTok dapat berubah dengan
cepat. Jadi, saat kamu mendapatkan momen tertentu yang sesuai dengan produk
atau layanan yang ingin kamu promosikan, atau saat kamu ingin mengenalkan
bisnis kamu, segera buat konten. Saat tren berakhir, kamu perlu mengikuti tren
berikutnya yang mungkin muncul agar tindakan yang kamu lakukan tapat sasaran.
4. Kerjasama dengan Influencer
strategi marketing Tiktok untuk tingkatkan penjualan
selanjutnya adalah kerjasama dengan influencer. Kamu dapat melakukan kerjasama
dengan influencer TikTok untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan memikat
lebih banyak audience. Untuk melakukan kerjasama, kamu perlu mencari tahu
influencer mana yang sedang tren dan memiliki banyak pengikut.
Selanjutnya, yang juga tak kalah penting, kamu perlu tahu
persis influencer mana yang ingin kamu ajak bekerja sama. Untuk melakukan ini,
pertama-tama lakukan analisis audiens target influencer. Apakah audiens mereka
cocok atau tidak dengan target pasar mu. Jika sesuai, kamu bisa mulai bekerja
sama. Jangan lupa untuk menggunakan fitur Duet with Me yang membuat kolaborasi
menjadi lebih interaktif.
5. Buat Deskripsi yang Jelas
strategi marketing Tiktok untuk tingkatkan penjualan yang
kelima adalah buat deskripsi yang jelas. Seseorang akan tertarik untuk melihat
video atau membuat konten jika memiliki deskripsi yang jelas. Caption yang
dipadukan dengan hashtag merupakan strategi marketing di TikTok yang bisa dibilang
tepat. Ini karena hashtag dapat mendatangkan lebih banyak penonton, sementara
deskripsi membantu untuk lebih memahami konten yang dibuat.
Selain deskripsi yang jelas, kamu dapat menggunakan berbagai
efek TikTok untuk membuat video lebih unik dan menarik, seperti new
interactive, funny, world, dan lain sebagainya. Kamu juga dapat menggunakan
efek green screen untuk mengubah latar belakang video.
6. Konsisten Memposting Konten
strategi marketing Tiktok untuk tingkatkan penjualan
selanjutnya adalah konsisten memposting konten. Konsisten dalam mengunggah
konten promosi adalah hal terpenting dalam marketing TikTok.
Banyaknya video yang diunggah pasti akan membuat lebih
banyak orang mengunjungi akunmu. Mereka biasanya tidak hanya melihat satu
video, mereka dapat meilihat beberapa video sekaligus. Jadi semakin banyak
video yang kamu unggah, membuka peluang semakin banyak video yang akan mereka
tonton juga.
Tujuan dari semua itu adalah agar followers kamu selalu
mendapatkan informasi terbaru tentangmu. Kemudian, jika ada banyak suka, video
kamu akan ditampilkan di halaman for you page.
7. Membuat Hashtag Challenge
Strategi marketing Tiktok untuk tingkatkan penjualan
berikutnya adalah membuat hashtag challenge. Tiktok hashtag challenge memiliki
tingkat keberhasilan yang cukup tinggi,karena menggunakan tagar untuk
melibatkan komunitas TikTok dalam kampanye brand kamu. Seorang pemilik merek
membuat challenge atau tantangan bagi pengguna TikTok untuk berpartisipasi
dengan menambahkan hashtag tertentu. Hashtag ini pada akhirnya akan
meningkatkan nama merek kamu di komunitas TikTok.
Semakin banyak orang melakukan tantangan ini, brand kamu
akan semakin viral dan populer. Teknik ini sangat efektif di komunitas TikTok
karena pengguna program ini dikenal sangat aktif menggunakan hashtag.
TikTok Branded Hashtag Challenge memiliki tingkat
keberhasilan yang cukup tinggi, sehingga kamu dapat menggunakannya di User
Generated Content atau UCG. Salah satu brand yang unggul dalam teknik marketing
ini adalah “Guess”. Dengan hashtag #InMyDenim, brand ini mengajak penggunanya
untuk memamerkan gaya terbaiknya dalam balutan jeans brand “Guess”.
Dalam contoh ini, kita bisa melihat korelasi langsung antara
Tantangan Tiktok Branded Hashtag Challenge dan dampaknya terhadap penjualan
produk, karena pengikut tantangan ini diminta untuk memiliki produk jeans
sebelum akhirnya membuat konten dan berpartisipasi dalam tantangan ini.
8. Gunakan Tiktok Ads
Strategi marketing Tiktok untuk tingkatkan penjualan yang
terakhir adalah gunakan Tiktok ads. TikTok Ads merupakan fitur tambahan yang
tidak boleh dilewatkan. Dimana fitur ini memfasilitasi bisnis untuk menjangkau
target audiens lebih banyak melalui iklan berbayar. Kamu juga bisa menjangkau
target audience mu menjadi lebih cepat.
TikTok menawarkan empat jenis produk iklan:
- InFeed Ads: iklan muncul saat pengguna scroll feed
- Promotes Hashtag Challenge: iklan yang mengajak pengguna menggunakan hashtag challenge
- Branded Effect/Filter: filter atau efek khusus yang berisi informasi produk
- Brand Takeover: iklan eksklusif berupa image, gif, atau video yang hanya muncul sehari sekali saat pertama membuka aplikasi.
- Dari keempatnya, InFeed Ads adalah yang paling populer. Untuk bisnis kecil, jenis ini juga yang paling menguntungkan.
Pasalnya selain budget untuk memasang iklan relatif kecil,
iklan itu nantinya juga akan muncul di feed audiens kamu. Bahkan, untuk membuat
iklan semakin optimal, ada pilihan penargetan minat dan penargetan perilaku.
Nah, bagaimana? Tertarik menggunakan TikTok sebagai strategi
marketing untuk meningkatkan penjualan? Tunggu apa lagi! Langsung eksekusi saja
strategi marketing Tiktok tersebut supaya penjualanmu semakin meningkat.
Jika Anda ingin membuat FYP (For You Page) di TikTok,
berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:
·
Gunakan musik yang populer: TikTok terkenal
dengan musik-musik yang viral. Pilihlah musik yang sedang populer dan sesuai
dengan jenis konten yang Anda buat. Musik yang baik akan membuat video Anda
lebih menarik dan memiliki peluang lebih besar untuk masuk ke FYP.
·
Buat video yang unik: FYP di TikTok dipenuhi
dengan video-video yang unik dan berbeda. Jangan takut untuk berkreasi dan
membuat video yang kreatif dan beda dari video-video yang sudah ada di TikTok.
·
Buat video yang pendek: Sebagian besar video di
TikTok memiliki durasi yang pendek, sekitar 15-60 detik. Pastikan konten yang
Anda buat dapat disampaikan dalam waktu singkat dan langsung menarik perhatian
pengguna.
·
Gunakan hashtag yang tepat: Hashtag merupakan
cara yang baik untuk menjangkau audiens yang lebih luas di TikTok. Gunakan
hashtag yang sesuai dengan jenis konten yang Anda buat dan yang sedang tren di
TikTok.
·
Interaksi dengan pengguna: Interaksi dengan
pengguna TikTok lainnya dapat membantu meningkatkan visibilitas video Anda.
Balaslah komentar dari pengguna, ikuti akun yang menarik, dan buat video
kolaborasi dengan pengguna TikTok lainnya.
·
Post secara konsisten: Konten yang konsisten
dapat membantu Anda membangun basis penggemar di TikTok. Postinglah video
secara rutin, misalnya satu atau dua kali dalam seminggu.
Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan peluang video Anda masuk ke FYP di TikTok dan menjangkau lebih banyak pengguna di platform tersebut.
Jika kamu masih bingung mengenai produk apa yang akan kamu promosikan di Tiktok, kamu tidak perlu khawatir. Di AsiaCommerce kamu akan dibimbing dan dibantu dalam pemilihan produk yang tepat untuk kamu jual kembali. Tidak hanya itu saja, kamu juga akan diberikan berbagai layanan yang memudahkan kamu dalam membangun dan mengembangkan bisnis kamu.