Seperti yang kita tahu, Instagram juga menjadi salah
satu media sosial yang banyak diminati berbagai kalangan masyarakat. Oleh
karena itu, influencer marketing yang memanfaatkan instagram sebagai medianya
pun menjadi lebih sering kita temukan dan mudah digunakan.
Kenali Dulu Apa Itu Influencer
Marketing
Ada cukup banyak hal yang bisa kita temukan pada
dunia pemasaran pada masa kini. Salah satunya adalah penerapan influencer
marketing. Makna dari influencer marketing ini sendiri ialah cara promosi, marketing,
atau pemasaran yang menggunakan influencer pada media sosial seperti YouTube,
Instagram, Twitter, Blog, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Di samping influencer marketing, kita pun ada
baiknya untuk memahami apa yang dimaksud dengan influencer. Influencer
merupakan sejumlah orang yang memiliki followers atau audiences dengan jumlah
cukup banyak di media sosial. Di samping itu, mereka pun memiliki pengaruh yang
kuat terhadap para followersnya seperti selebgram, artis, youtuber, dan
lainnya.
Pada influencer dipercaya dan disukai oleh para
followers serta audiencesnya, sehingga apa yang dipakai oleh mereka, dilakukan,
atau disampaikan bisa begitu mempengaruhi dan menginspirasi para followers,
termasuk dengan membeli atau mencoba suatu produk.
Pada masa kini, influencer marketing pun menjadi
salah satu cara promosi yang dinilai efektif. Cara promosi yang efektif ini
efektif pada masa kini, sebab mereka kurang menyukai iklan. Perhatian mereka
secara keseharian lebih banyak ada di media sosial dan suka melihat sejumlah
konten menarik dan para influencer yang diikuti.
Influencer marketing bisa dikatakan menjadi salah
satu metode promosi yang efektif di era digital seperti sekarang ini. Metode
ini mengarahkan influencer sebagai pengguna atau pihak pembeli suatu brand yang
bisa merepresentasikan sejumlah hal positif yang dimiliki oleh brand itu
sendiri.
Par influencer ditunjuk dan dipilih berdasarkan
keahlian, reputasi, dan popularitasnya. Dengan menggunakan metode ini, suatu
brand akan lebih loyal kepada pihak influencer. Cara yang dilakukan adalah
dengan membangun hubungan secara lebih dalam serta mengarah pada informasi
serta privilege terhadap suatu produk batu dan proses di balik layar yang
dibawanya.
Setelah itu, sejumlah orang yang ditunjuk sebagai influencer pun memiliki tugas untuk mempengaruhi keputusan lingkungan terdekat mereka seperti keluarga, teman, dan followers agar mereka lebih mengenal brand yang dipasarkan melalui konten. Dengan demikian, hal ini pun akan membantu proses penjualan produk dari brand tersebut.
Influencer Marketing Melalui
Instagram untuk Hasil Optimal
Jika Anda ingin menerapkan influencer marketing,
maka ada media sosial yang harus dipilih sebagai perantaranya. Salah satu di
antara banyak media sosial tersebut adalah Instagram. Seperti yang kita tahu,
Instagram sendiri menjadi salah satu media sosial yang berfokus pada gambar
atau video pendek, yang juga bisa menyertakan keterangan tertentu pada bagian
caption.
Pada masa kini, jumlah pengguna Instagram pun
meningkat. Ada banyak rentang usia yang menjadi pengguna Instagram. Oleh karena
itu, influencer marketing Instagram pun bisa diandalkan untuk memasarkan suatu
brand. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar hasil dari usaha ini optimal.
Berikut ini beberapa di antaranya.
1. Pilih influencer marketing
yang sesuai
Anda bisa memilih influencer marketing yang sesuai
dengan produk Anda. Ada sejumlah criteria yang juga bisa ditetapkan, seperti
keahlian, reputasi, dan popularitas. Di samping itu, kesesuaian usia dan image
pun bisa menjadi 2 dari banyak hal yang akan mempengaruhi kesuksesan pemasaran
dengan cara ini.
2. Buat konsep menarik dan unik
Konsep yang menarik dan unik bisa menjadi hal
penting untuk memasarkan suatu brand. Anda bisa memikirkan bagaimana konsep
yang unik dan menarik, sehingga akan membuat followers influencer marketing
tersebut membeli atau mencoba produk sesuai dengan yang diharapkan.
3. Buat caption yang menarik
Kata-kata sangat berpengaruh dalam dunia pemasaran
produk. Hal ini juga sama seperti yang terjadi pada dunia pemasaran dengan
memanfaatkan keahlian influencer marketing. Dengan demikian, pemilihan caption
yang pas akan membuat banyak orang tertarik untuk membeli produk Anda.
4. Buat konten berkualitas
Anda bisa menetapkan sejumlah konten berkualitas
yang nantinya akan di-post oleh influener marketing. Konten berkualitas di sini
bisa dilihat dari segi foto atau video yang di-post begitu pula dengan kalimat
yang digunakan untuk promosi. Keterhubungan dengan sumber informasi produk pun
juga penting untuk diperhatikan.
Beberapa hal penting tentang penggunaan influencer
marketing Instagram untuk penjualan produk Anda dengan optimal sudah diketahui.
Hal ini akan memberi kemudahan untuk Anda agar bisa membantu Anda dalam
penerapannya agar mendapat hasil maksimal sesuai dengan keinginan dan target.
9 Keuntungan Influencer Marketing Untuk Bisnis
1.
Membangun Kepercayaan
Influencer dianggap sebagai trendsetter, sehingga banyak orang
percaya jika sebuah produk sudah direkomendasikan oleh para influencers.
Seringkali influencer yang mempromosikan produk tersebut
merupakan idola para konsumen. Jadi, ketika influencer berkolaborasi dengan
bisnismu, perspektif baru mengenai brand akan muncul.
2.
Lebih Terjangkau
Untuk melakukan strategi bisnis menggunakan influencer tidak
melulu harus mahal. Kecuali kamu ingin berkolaborasi dengan selebriti yang
sudah memiliki audiens besar.
Harga dan tingkatan influencer juga terbagi-bagi berdasarkan
banyaknya pengikut mereka di media sosial seperti Instagram.
Tetapi, jika dibandingkan dengan memasang iklan besar tentunya
budget influencer marketing akan lebih kecil. Bahkan ada juga beberapa
influencer yang tidak menetapkan tarif, melainkan mendapatkan produk secara
gratis.
3.
Menentukan Arah Target Audience
Influencer marketing sendiri berbeda-beda di setiap platform,
karena itu bisa lebih mudah menargetkan pasar di platform berbeda dengan tepat.
Instagram dengan Facebook tentu akan mempunyai karakteristik berbeda,
influencer-nya pun juga akan berbeda.
Seperti pada influencer marketing Instagram pasti memiliki
target-targetnya tertentu misalnya travellers millennials. Dengan begitu,
sesuaikan platform yang ingin di targetkan untuk mempromosikan serta
merepresentasikan brand.
4.
Capai Target Audience Secara Efektif
Saat memilih influencer untuk influencer marketing bisnis, kamu
harus bisa memilih dan menyesuaikan influencer yang dipilih dengan brand bisni.
Sebab, kika influencer memiliki topik relevan dengan brand bisnis kamu,
otomatis target audiens akan sampai secara efektif.
Misalkan kamu bisnis hijab, maka pilihlah influencer dengan
fashion hijab. Target audiens akan sesuai karena influencer tersebut memiliki
minat dalam fashion hijab.
5.
Meningkatkan Brand Awareness
Jika kalian sedang membangun sebuah bisnis baru, influencer
marketing bisa menjadi awal baru untuk meningkatkan brand awareness. Seperti
sudah dibahas di poin pertama, influencers menjadi trendsetter dalam kalangan
pengguna sosial media, tingkat kepercayaan dan opininya memiliki nilai
keandalan yang tinggi.
6.
Membantu Konten Strategi yang Lebih Fresh
Masing-masing influencers tentunya memiliki ciri khasnya
tersendiri dalam membuat konten. Mengunakan lebih dari influencer akan memberi
keuntungan mendapatkan konten segar dari masing-masing influencers.
Hal tersebut akan membantu menarik konsumen karena konten-konten
menarik sehingga meningkatkan keinginan para audiens untuk mencoba produk.
7.
Cocok untuk Bisnis Kecil Maupun Industri
Influencer marketing bisa digunakan oleh bisnis jenis apapun,
mulai dari bisnis kecil hingga bisnis besar seperti industri. Berhubung harga
iklan jauh lebih mahal, strategi ini akan menjadi sebuah strategi yang lebih
efektif.
Selama ada influencer dalam industri atau bidangnya, kalian bisa
menggunakan pengaruhnya untuk strategi marketing brand bisnis kamu.
8.
Akses ke Konsumen Millennial dan Gen-Z
Saat ini teknologi sudah sangat berkembang, semuanya sudah bisa
di akses di internet sehingga banyak generasi mudah yang mulai meninggalkan
televisi dan lebih memilih media digital.
Market research menunjukkan 85% dari generasi Z menggunakan
media sosial untuk mempelajari produk-produk baru. Hal tersebut menunjukkan,
para konsumen muda mudah menerima informasi produk tertentu melalui platform
media sosial.
9.
Membangun Mitra dan Partnership
Ketika membangun koneksi dengan seorang influencer bisa menjadi
sebuah awal hubungan yang kuat. Jika berada dalam jangka panjang, koneksi
selanjutnya mungkin akan membawa kepada live events, joint ventures (kongsi)
atau peluang lain yang mungkin akan memberi keuntungan besar.
Nah itulah keuntungan influencer marketing untuk bisnis, banyak
sekali bukan. Meskipun peluang penawaran menggunakan influencer marketing
sangat tiggi, tentunya kau harus tetap mengedepankan kualitas produk.