Bagaimana cara membangun branding untuk e-commerce Anda?
Dari
pernyataan di atas telah tergambarkan bagaimana pentingnya membangun branding.
Selain itu, membangun branding akan membantu dalam mendapatkan apa yang telah
Anda targetkan, sehingga tujuan akhirnya Anda akan mengubah para calon pembeli
menjadi customer.
Cara membangun branding untuk e-commerce sesungguhnya sangatlah mudah jika Anda
bisa melakukan beberapa langkah sebagaimana di bawah ini:
1.
Dengan memanfaatkan sosial media Cara membangun branding
e-commerce yang pertama adalah memanfaatkan sosial media. Sosial media sudah
dikenal luas oleh setiap orang. Seiring dengan perkembangan teknologi yang
semakin canggih tentunya harus disertai dengan pemanfaatan kepada hal positif,
sehingga dengan demikian akan bermanfaat untuk banyak orang.
Salah satunya, yakni dengan membangun branding untuk e-commerce. Selain itu,
membangun brand menggunakan sosial media juga tidak memerlukan biaya yang cukup
tinggi, bahkan gratis.
2.
Menjadi orang yang aktif di Youtube Sebagai seorang pebisnis
online, Anda perlu membuat channel tersendiri guna mengirimkan video
berkualitas secara konsisten di Youtube untuk membangun brand.
Tujuannya adalah untuk mencapai jumlah followers yang banyak, sehingga menjadi
viral dan channel Youtube yang Anda miliki akan secara otomatis memasarkan
diri.
3.
Menggunakan press release Cara membangun branding e-commerce
adalah dengan menggunakan press release yang mana Anda akhirnya akan mampu
masuk ke berita Google. Cara ini menjadi sangat efektif karena sangat banyak
yang akan membaca berita online, sehingga akan banyak juga yang ikut
menyebarkan artikel Anda.
4.
Membangun Otoritas Seorang pebisnis online bisa membangun sebuah
otoritas untuk web ataupun blog sehingga menjadi ahli dalam niche. Cara
mudahnya, yakni dengan menuliskan postingan yang baik secara kualitas untuk web
ataupun yang dimiliki.
Tidak hanya untuk membangun branding, namun juga memberikan manfaat melalui
hal-hal berkualitas yang telah diposting. Selain itu, Anda bisa membangun
otoritas dengan melakukan update dalam industri Anda, sehingga orang-orang yang
mengikuti Anda akan mendapatkan informasi yang relevan.
5.
Memberikan barang secara gratis Cara selanjutnya yakni dengan
memberikan barang secara gratis, bisa dengan membagikan e-book gratis, atau
bisa dengan memberikan layanan satu kali, dan yang lainnya.
Lakukan saja secara sederhana, misalnya Anda akan memberikan sebuah e-book
gratis apabila mereka mau mengirimkan sebuah postingan yang mengikutsertakan
iklan bisnis Anda.
Langkah
selanjutnya dari cara di atas adalah dengan menspesifikkan audience, membangun
reputasi yang baik pada forum yang berkaitan dan relevan, menggunakan Pay Per
Click Advertising, serta dengan mengirimkan post link yang Anda miliki ke
berbagai situs bookmark semisal Digg, Reddit, ataupun StumbieUpon.
[elementor-template id="4092"]
Apa saja strategi
branding untuk bisnis online ?
Strategi
branding memang perlu dilakukan dan menjadi sangat penting karena hal ini akan
meningkatkan bisnis online Anda. Adapun strategi branding yang sangat mudah
dilakukan antara lain sebagai berikut :
1.
Menemukan nilai jual unik yang dimiliki produk Anda Hal dasar
dalam penyusunan strategi branding adalah dengan menemukan nilai jual unik yang
dimiliki oleh sebuah produk. Tujuan dari hal ini adalah untuk memberikan
perbedaan brand produk Anda dengan yang lain serta akan lebih menarik perhatian
dari para customer.
Produk unik ataupun website e-commerce yang dibuat dengan keunikan yang berbeda
akan meningkatkan branding dari produk Anda.
2.
Membedakan brand produk secara kualitas Sebuah produk yang
berkualitas akan memberikan pengaruh pada loyalitas dari customer. Jika produk
yang Anda buat baik secara kualitas, dapat dipastikan diri Anda akan terhindar
dari adanya komplain dari customer pada media sosial dan customer pun akan
setia kepada Anda.
3.
Melakukan personalisasi pengalaman customer Strategi branding
yang juga tidak kalah penting adalah dengan melakukan personalisasi pengalaman
customer. Hal ini bisa dilakukan dengan kustomisasi package produk yang Anda
tawarkan. Selain itu juga bisa dilakukan riset baik dari produk fisik maupun
produk branding.
4.
Menunjukkan apresiasi kepada setiap customer Memberikan
apresiasi baik berupa ucapan terima kasih ataupun dengan mengadakan sebuah
program royalty akan membuat para customer menjadi lebih akrab dan dekat kepada
diri Anda. Hal ini menjadi startegi branding tersendiri.
Strategi-strategi di atas perlu diterapkan untuk mendukung cara membangun branding untuk e-commerce Anda.